Wah! Money Heist: Korea Tuai Kritikan Pedas, Apa Sebabnya?

Sepekan lalu, pecinta film dihebohkan dengan dirilisnya versi Korea dari Money Heist. Sayangnya, banyak masyarakat yang kemudian kecewa.

Haning Setyawan
Selasa, 28 Juni 2022 | 19:29 WIB
Wah! Money Heist: Korea Tuai Kritikan Pedas, Apa Sebabnya?
Wah! Money Heist: Korea Tuai Kritikan Pedas, Apa Sebabnya?

Fresh.suara.com - Sepekan lalu, pecinta film dihebohkan dengan dirilisnya versi Korea dari Money Heist. Sayangnya, banyak masyarakat yang kemudian kecewa pada seri berjudul Money Heist: Korea - Joint Economic Area tersebut.

Pada tahun 2021, 'Squid Game' menggemparkan dunia. Itu menarik perhatian publik terbukti dalam jumlah penayangan global Netflix. Selain itu, berbagai selebriti dan YouTuber mengunggah video game 'Green Light Red Light', dan permen Korea 'Dalgona' juga mendapatkan popularitas yang luar biasa. 

Popularitas yang diperoleh 'Squid Game' tidak terbayangkan karena tidak ada yang bisa meramalkan popularitas global seperti drama Korea. Namun, itu dimungkinkan melalui Netflix karena salah satu strategi intinya adalah lokalisasi. 

Netflix telah memungkinkan siapa saja di seluruh dunia untuk menikmati video dari negara asing seperti Korea, Spanyol, Brasil, Belgia, Afrika Selatan, dan banyak lagi.

Baca Juga:Deretan Idol Kpop yang Memiliki Wajah Bulat, Imut dan Sangat Memesona

Sebelumnya, film-film blockbuster menjadi standar film-film besar untuk meraih kesuksesan. 

Film-film blockbuster pada umumnya memadukan jalan cerita yang dapat dipahami oleh siapa saja dengan perpaduan sempurna antara melodrama dan aksi yang dapat dengan mudah diterima secara luas meskipun terdapat perbedaan budaya. 

Namun, standar ini telah berubah dengan diperkenalkannya layanan streaming online. Meskipun film blockbuster tetap di atas, film-film ini mahal untuk diproduksi dan membutuhkan banyak persiapan. Oleh karena itu, Netflix menargetkan film-film yang dibuat di luar Hollywood yang mungkin bisa memuaskan dahaga para fanatik genre tertentu. 'Into the Night' Belgia, 'Lupin' Prancis, 'Dark' Jerman, dan 'She' India adalah beberapa film produksi Netflix yang meraih kesuksesan global.

Salah satu karya sukses terbesar yang dirilis oleh Netflix adalah 'Money Heist' yang dirilis pada 2017 dari Spanyol. Seri ini mengusung cerita delapan penjahat yang dipimpin oleh 'The Professor' yang memutuskan untuk melakukan pencurian terbesar dalam sejarah. Dalang kriminal ini memimpin sekelompok delapan orang dengan kemampuan berbeda untuk mengambil alih pusat pencetakan uang di Spanyol dan mencetak miliaran Euro.

Serial ini menuai pujian karena mampu menangkap sentimen unik Spanyol dengan ide-ide inovatif dari film-film pencurian klasik. Topeng Salvador Dali dengan jumpsuit merah juga berhasil menjadi ciri khas serial tersebut. Selain itu, 'Money Heist' menarik pemirsa dengan karakter unik, seperti dalang 'The Professor', yang menggunakan kemampuannya untuk membaca situasi untuk memprediksi pergerakan polisi.

Baca Juga:100 Idol Girl KPop Terpopuler, Nomor 1 Tak Terduga!

Serial populer ini dibuat ulang di Korea Selatan dan diharapkan sekali memberikan hiburan segar. Pada tanggal 24 Juni, serial remake 'Money Heist: Joint Economic Area' dirilis. Ceritanya mengikuti format yang sama dengan 'Money Heist' yang asli di mana 'The Professor' (diperankan oleh Yoo Ji Tae) merekrut pencuri dengan kemampuan berbeda untuk melakukan pencurian di Semenanjung Korea yang bersatu kembali. 

Drama ini berlatar pada tahun 2025 ketika Korea Utara dan Selatan setuju untuk mengizinkan perjalanan antar-Korea, dan zona ekonomi bersama dibangun. Cerita dimulai saat 'The Professor' memutuskan untuk merampok Unified Korea Mint pada tahun 2026.

Drama ini memang menampilkan permusuhan halus antara para perampok, serta para sandera, yang berasal dari Utara atau Selatan, karena ceritanya terjadi di semesta di mana Korea Utara dan Korea Selatan telah bersatu kembali. Namun, konflik antara kedua Korea ini tidak berdampak signifikan pada kisah serial ini secara umum.

Sebaliknya, drama ini hampir dengan setia mengikuti alur cerita dari drama aslinya. Untuk mempercepat perkembangan cerita awal, cerita dijelaskan melalui Tokyo (diperankan oleh Jeon Jong Seo) sebagai narator. Namun, dia bukan salah satu karakter kunci yang menggerakkan cerita.

Dilansir dari Allkpop, karena 'Money Heist: Joint Economic Area' mengikuti kisah 'Money Heist' yang asli, pemirsa yang telah melihat versi aslinya menganggap drama Korea Selatan itu tidak menarik sama sekali. Ini karena penonton yang telah menonton aslinya sudah mengetahui plotnya, dan sangat sedikit tambahan atau plot twist baru di versi Korea Selatan.

Meskipun pemirsa memuji perubahan pakaian - misalnya, topeng Dali berubah menjadi topeng Korea 'Hahoetal' - dan desain set film, banyak yang merasa bahwa mereka tidak “relate” dengan 'Money Heist' versi Korea Selatan. '

Beberapa pemirsa mengusulkan bahwa akan lebih baik bagi drama Korea untuk fokus pada mengintegrasikan lebih banyak budaya Korea dan masalah yang terlihat di Korea Selatan ke dalam cerita daripada berfokus pada aspek seni kreatif.

KPop

Terkini

Thariq Halilintar dan Fuji sudah kian dekat, namun tak Fuji tak kunjung bertemu dengan famili Gen Halilintar.

Selebriti | 13:01 WIB

Ini dia alasan mengapa Patra M Zen belum mendengar pengakuan Putri Candrawathi.

Lifestyle | 12:47 WIB

Sahabat Marshanda, Sheila Salsabila buka suara soal tudingan miring pada dirinya dan suaminya.

Selebriti | 11:07 WIB

Menurutnya, perundungan di media sosial terhadap anak Irjen Sambo harus segera dihentikan.

Lifestyle | 10:52 WIB

Ferdy Sambo memberikan pengakuan kepada Komnas HAM.

Lifestyle | 10:27 WIB

Bobon Santoso tidak memaksa Luna Maya untuk melakukan tantangan tersebut.

Selebriti | 10:13 WIB

Pengakuan diberikan kepada Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik.

Lifestyle | 09:56 WIB

"Dia itu dukun yang lupa jati diri. Termasuk bapak angkatnya," kata Firdaus Oiwobo membongkar latar belakang Pesulap Merah atau Marcel Radhival.

Selebriti | 22:26 WIB

Sandy mengundang Pesulap Merah mengadu ilmu dengan gurunya.

Selebriti | 20:06 WIB

Nama Tom Liwafa masuk dalam bagan yang viral di medsos tersebut.

Selebriti | 17:40 WIB

Habib Jindan mengungkap hal ini di debat live dr Richard Lee.

Selebriti | 17:14 WIB

Sebelumnya sempat viral iring-iringan kendaraan mobil polisi yang diteriaki dengan nama Ferdy Sambo

Lifestyle | 17:05 WIB

Ibunya sempat menangis dan mencari Hotman Paris di kantor polisi.

Selebriti | 15:39 WIB

Persatuan dukun tanggapi komentar Ustaz Derry Sulaiman soal Jin.

Lifestyle | 15:27 WIB

Ibunda kenang Brigadir J yang langganan jadi anggota paskibra sejak SMP hingga SMA.

Lifestyle | 15:22 WIB
Tampilkan lebih banyak